Berita S1-Informatika

15 Pertanyaan yang berguna bagi Calon Mahasiswa Baru

15 Pertanyaan yang berguna bagi Calon Mahasiswa Baru
  1. Apa yang saya pelajari di sini Prodi Informatika Universitas Amikom Yogyakarta ?

Mahasiswa prodi Informatika akan belajar memecahkan masalah pada masyarakat menggunakan teknologi informasi. Seperti membuat website, aplikasi android, membuat film kartun atau membuat kota cerdas. Lebih canggih lagi, solusi-solusi tersebut disematkan teknologi kecerdasan buatan / artificial intelligence (AI)  sehingga bisa menjadi serba otomatis.

 

  1.  Apa persyaratan masuk  di sini Prodi Informatika Universitas Amikom Yogyakarta ?

Syarat masuk prodi Informatika adalah berasal dari SMA/MA jurusan IPA atau SMK Jurusan Teknik. Selain itu juga harus lolos tes seleksi masuk komputer dengan melampaui skor minimal tertentu.

 

  1. Bagaimana cara mendaftar mahasiswa baru di sini Prodi Informatika Universitas Amikom Yogyakarta ?

Caranya sangat mudah, Kamu bisa mengikuti lima langkah berikut.

  1.  mengunjungi tautan pmb.amikom.ac.id untuk membuat akun baru dan verifikasi OTP atau email.

  2. Login ke cmhs.amikom.ac.id untuk mengisi data asal sekolah lalu mengerjakan test secara online.

  3. Melengkapi data dan unggah berkas seperti data orang tua, riwayat kesehatan dan lainnya

  4. Berkas kamu akan diverivikasi oleh tim

  5. Pengumuman kelulusan yang  bisa langsung dilihat secara online pada cmhs.amikom.ac.id

Selengkapnya kamu bisa mempelajari pada https://pmb.amikom.ac.id 

 

  1. Bagaimana cara menghasilkan uang untuk biaya kuliah?

Mahasiswa program studi Informatika dapat menghasilkan uang sembari kuliah dengan cara menjadi freelance logo, kontributor foto, freelance programming, atau menjadi karyawan paruh waktu di Amikom.

  1. Apa saja beasiswa yang tersedia dan bagaimana cara mendapatkannya?

Terdapat empat macam beasiswa yang berpeluang Anda dapatkan sebagai berikut.

  • Beasiswa KIP Kuliah adalah program beasiswa dari pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk membantu masyarakat kurang mampu yang memiliki prestasi akademik yang baik agar dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

  • Beasiswa Prestasi Mahasiswa adalah program beasiswa yang diberikan oleh Universitas AMIKOM Yogyakarta kepada mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang baik atau prestasi di bidang lain seperti olahraga, seni, dan lain sebagainya.

  • Beasiswa Prestasi Mahasiswa Baru (Maba) adalah program beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa baru yang memiliki prestasi akademik yang baik atau prestasi di bidang lain seperti olahraga, seni, dan lain sebagainya pada saat pendaftaran di perguruan tinggi.

  • Beasiswa BPD DIY adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY.

Selengkapnya kamu bisa mempelajari pada laman https://kemahasiswaan.amikom.ac.id/page/layanan-beasiswa

 

  1.  Bagaimana cara mencari tempat tinggal atau asrama di kampus?

Dalam radius 5 kilometer kampus Universitas Amikom Yogyakarta, terdapat ratusan kos yang disewakan dengan kondisi sangat bagus, lingkungan bersih dan agamis menjunjung tinggi nilai-nilai etika budaya Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

  1. Bagaimana cara merencanakan karier saya setelah lulus dari perguruan tinggi?

Program Studi Informatika secara khusus merancang Kurikulum sesuai dengan kebutuhan Industri Teknologi. Secara kompetensi, setelah lulus Anda pasti siap untuk bekerja. Selain itu, terdapat juga layanan konsultasi rutin yang diselenggarakan oleh direktorat Business Placement Center (BPC).

 

  1. Kapan jadwal penerimaan mahasiswa baru ?

Prodi Informatika membuka layanan setiap hari dari bulan April hingga bulan Agustus setiap tahun. Proses pendaftaran secara online melalui tautan pmb.amikom.ac.id. Namun apabila perlu datang ke Kampus, akan dilayani hari Senin - Jumat dari pukul 08.00 hingga 16.00 wib.

 

  1. Apa saja syarat pendaftaran Seleksi Masuk

Syarat pendaftaran seleksi masuk program studi informatika ada tiga sebagai berikut.

  1. Warga negara Indonesia

  2. Berasal dari jurusan SMA/MA IPA atau SMK Teknik

  3. Unggah berkas pendaftaran berupa scan nilai UN / Ujian Sekolah / nilai rapor terakhir

Mekanisme pendaftaran dilakukan secara online melalui tautan pmb.amikom.ac.id

 

  1. Berapa biaya pendaftaran Seleksi Masuk

Biaya pendaftaran seleksi masuk program studi Informatika adalah gratis.

 

  1. Berapa biaya pendidikan kuliah di Prodi Informatika ?

Sesuai brosur resmi Universitas Amikom Yogyakarta tahun 2024, biaya kuliah disini, Prodi Informatika total biaya registrasi per semester berkisar antara Rp 7.000.000 hingga Rp 13.500.000. Biaya ini sudah termasuk spp tetap, spp variabel, biaya pendukung, dan dana pengembangan. Lebih rinci bisa mengunjungi laman https://informatika.amikom.ac.id/artikel/terbukti-kuliah-bisa-lebih-murah-daripada-cicilan-motor 

  1.  Apakah di sini Prodi Informatika Universitas Amikom Yogyakarta tersedia beasiswa ?

Tentu, Prodi Informatika Universitas Amikom Yogyakarta menyediakan berbagai macam beasiswa seperti beasiswa KIP, beasiswa prestasi mahasiswa, beasiswa prestasi mahasiswa baru (maba) dan beasiswa BPD DIY. Selengkapnya kamu bisa mempelajari pada laman https://kemahasiswaan.amikom.ac.id/page/layanan-beasiswa

 

  1.  Dimana saya dapat melihat kurikulum ?

Kurikulum program studi Informatika dirancang sesuai standar Outcome Based Education yang sejalan dengan kebutuhan industri teknologi informasi. Kamu akan mempelajari fundamental pemrograman, perekayasaan perangkat lunak, penerapan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), Internet of Things atau Jaringan Komputer. Selengkapnya kamu bisa mengunjungi halaman https://informatika.amikom.ac.id/page/kurikulum-rps.

 

  1.  Dimana saya dapat melihat akreditasi ?

Akreditasi Program Studi Informatika Universitas Amikom Yogyakarta adalah Baik Sekali berlaku sampai dengan 27 Maret 2028. Kamu dapat melihat info ini melalui https://informatika.amikom.ac.id/page/akreditasi

 

  1. Kapan jadwal penerimaan mahasiswa baru Ekstensi (D3 ke S1) Program Studi Informatika ?

 

Prodi Informatika menyediakan 3 macam kelas, yaitu kelas reguler, alih jalur / ekstensi / rekognisi pembelajaran lampau, dan kelas Internasional / Bachelor of Informatics (BCI). Jadwal penerimaan mahasiswa baru ekstensi sama dengan lainnya yakni setiap hari. Prodi Informatika membuka layanan setiap hari dari bulan April hingga bulan Agustus setiap tahun. Proses pendaftaran secara online melalui tautan pmb.amikom.ac.id. Namun apabila perlu datang ke Kampus, akan dilayani hari Senin - Jumat dari pukul 08.00 hingga 16.00 wib.

 

File Attachments

Galeri Gambar