Program magang di Universitas Amikom Yogyakarta menjembatani teori akademik dengan pengalaman praktis di industri. Program ini bertujuan membekali mahasiswa Informatika dengan keterampilan teknis dan non-teknis yang sesuai dengan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK).
Magang berlangsung selama 3–6 bulan dan dapat diikuti melalui dua skema:
1. Magang Mitra Prodi (dengan perusahaan mitra)
2. Magang mandiri.
Hasil magang dapat dikonversi hingga 20 SKS atau digunakan untuk jalur skripsi non-reguler. Pastikan magang sesuai dengan bidang studi dan memenuhi tujuan pembelajaran program.
Skema Magang
Magang Mitra Prodi
Magang di perusahaan yang telah bekerja sama dengan Program Studi Informatika. Daftar mitra dapat diakses melalui
Magang Mandiri
Cari sendiri peluang magang di perusahaan IT, instansi pemerintah, atau BUMN yang kredibel. Pastikan sesuai dengan Capaian Profil Lulusan (CPL) Informatika.
Dokumen yang Diperlukan
Dokumen | Link | Keterangan |
---|---|---|
Panduan Magang mandiri | LINK | PDF panduan Magang |
Template Proposal | LINK | Template Proposal Magang |
Surat Pra-Survey | LINK | Untuk kunjungan awal ke perusahaan guna mencari peluang magang. |
Surat Pengantar Magang | LINK | Untuk perusahaan yang telah menerima mahasiswa magang. |
Surat Penunjukan Dosen Pembimbing | LINK | Diajukan mahasiswa untuk menunjuk dosen pembimbing. |
Surat Terimakasih Magang | LINK | Surat ucapan terima kasih kepada perusahaan, sekaligus meminta penilaian kinerja |
Laporan Akhir | LINK | Susun Laporan Akhir magang yang merangkum kegiatan, hasil, dan pencapaian selama magang. |
Catatan: Gunakan email Student dan pengajuan bers (“One Limit Response”). Hubungi Fakultas (Gedung 1, Lantai 1) jika ada masalah persetujuan.
Alur Magang Mandiri
Performa terbaik gunakan laptop dan browser Chrome
Alur Magang Mandiri
- Daftar Pra-Survey di Website Fakultas untuk mendapatkan ID Magang (link)
- Pilih Perusahaan mitra Prodi atau cari sendiri
- Membuat Proposal (link)
- Ajukan Proposal ke prodi (link)
- Ajukan Surat Pengantar via Website Fakultas (link)
- Tunggu Konfirmasi dari perusahaan
- Ajukan Dosen Pembimbing melalui (link)
- Lengkapi Rencana Magang di Platform BIMA (profil, perusahaan, konversi MK) (link)
- Review Dosen Pembimbing, revisi jika perlu
- Persetujuan Rencana → Magang dapat dimulai
- Laksanakan Magang sesuai rencana
- Isi Logbook Rutin di Platform SEMAR Informatika (link)
- Susun Laporan Akhir magang (link)
- Ajukan Surat Ucapan Terima Kasih ke perusahaan (link)
- Penilaian oleh Perusahaan
- Ajukan Klaim Nilai di Platform BIMA (link)
- Review Dokumen oleh Dosen Pembimbing
- Nilai Akhir Dirilis oleh Prodi via Website Informatika