Syarat Akademis
- Jumlah SKS kumulatif lebih dari 134.
- Tidak memiliki nilai E pada mata kuliah apapun.
- Tidak memiliki nilai C pada Mata Kuliah Wajib Negara.
(Kewarganegaraan, Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, dan Agama) - Tidak memiliki nilai D yang lebih dari 25% total 144 SKS.
Dokumen
Dokumen | Tautan | Keterangan |
---|---|---|
Panduan proses bimbingan [Update V.2 12 Juni 2025] | Lihat Panduan | Panduan Bimbingan untuk mahasiswa dan dosen di lingkungan Prodi Informatika (Terdapat update per 12 Juni 2025) |
Panduan proses bimbingan | Lihat Panduan | Panduan untuk mahasiswa dan dosen di lingkungan Prodi Informatika |
Panduan penulisan laporan skripsi maupun non reguler | Lihat Panduan | Panduan dari Fakultas |
Panduan sederhana alur kelulusan | Lihat Panduan | Dokumen ini merupakan panduan sederhana tentang alur kelulusan |
Jalur Kelulusan
Pilih jalur kelulusan yang sesuai dengan passion dan keahlianmu di Program Studi Informatika
Jalur Reguler (Skripsi)
Skripsi adalah karya ilmiah yang harus dibuat (disusun) oleh mahasiswa program Strata 1 (S1) untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan atau teknologi dibidang keahliannya berdasarkan kaidah keilmuan, atau menghasilkan karya desain/seni beserta deskripsinya berdasarkan kaidah/ metode rancangan baru, yang bertujuan sebagai syarat akhir kelulusan pendidikan akademiknya di Perguruan Tinggi

Jalur Non-Reguler
Jalur Non Reguler merupakan salah satu jalur yang dapat digunakan untuk syarat kelulusan mahasiswa selain skripsi. Terdapat 4 jalur non skripsi yaitu Scientist, Profesional, Entrepreneur, Artist, dan Lomba. mahasiswa dapat mengambil jalur Scientist
Untuk mengambil skema non reguler, mahasiswa tetap mengambil KRS Skripsi

Jenis jenis Non-Regular

Scientist
Melakukan penelitian bersama dosen dan menjadi penulis pertama dalam publikasi ilmiah, Karya harus dipublikasikan di jurnal Sinta 3 hingga Q1.
Lomba
Mengikuti lomba ICT bersama tim (serumpun atau lintas prodi). Menghasilkan prototipe atau Minimum Viable Product (MVP) dan memenangkan lomba.
Entrepreneur
Memiliki bisnis digital yaitu usaha yang menciptakan teknologi sebagai solusi atau sarana utama dalam operasional bisnis, mulai dari produksi, distribusi, hingga interaksi dengan pelanggan.
Magang IT
Magang di perusahaan ICT selama minimal 5 bulan, Menghasilkan produk atau aplikasi ICT. Sertakan bukti hasil magang.
Profesional IT
Bekerja selama minimal 6 bulan (kontrak) di perusahaan ICT. Menghasilkan produk ICT dan menyertakan evaluasi dari supervisor. Pendapatan minimal setara UMR Sleman.
Online IT Freelance
Bekerja sebagai freelancer di platform seperti Upwork selama 6 bulan. Minimal mengerjakan 3 proyek nasional/internasional dengan rating 4.5/5 atau 8.5/10. Pendapatan minimal UMR Sleman.
Offline IT Freelance
Bekerja sebagai freelancer untuk perusahaan ICT. Menghasilkan produk ICT dari perusahaan resmi (bukan perorangan). Pendapatan minimal UMR Sleman.
Profesional Digital Artist
Bekerja secara profesional selama minimal 6 bulan di perusahaan digital visual atau studio resmi. Menyertakan surat pengangkatan dan bukti hasil kerja. Pendapatan minimal setara UMR Sleman.
Magang Digital Artist
Magang selama minimal 5 bulan di perusahaan digital visual atau studio resmi. Menghasilkan karya seni digital dan menyertakan surat pengangkatan serta bukti hasil magang.
Online Digital Artist
Bekerja sebagai freelancer di platform seni digital. Minimal 3 klien nasional dan 1 internasional dengan rating 4.5/5 atau 8/10.
Offline Digital Artist
Bekerja sebagai freelancer di bidang seni digital. Minimal 10 proyek regional, 5 nasional, atau 2 internasional dari perusahaan resmi.
Content Creator
Menghasilkan konten digital yang menghasilkan pendapatan. Konten bebas dari unsur SARA, menggunakan teknik digital visual, dan pendapatan dikomunikasikan ke prodi.
Semua alternatif, dikonversi dalam matakuliah ST053 Skripsi
sebesar 6 Sks. Mahasiswa berhak memilih salah satu jalur sesuai kemampuan atau passion. Apapun pilihan yang diambil, pada prinsipnya harus memenuhi capaian berikut.
- Mahasiswa mampu menerapkan ilmu pengetahuan bidang informatika untuk
menyelesaikan masalah pada industri (CPMK09); - Mahasiswa mampu mendokumentasikan pemikiran dengan baik (CPMK12);
- Mahasiswa mampu menerapkan ilmu pengetahuan bidang informatika untuk
menyelesaikan masalah pada industri (CPMK09); - Mahasiswa mampu mendokumentasikan pemikiran dengan baik (CPMK12);
Standar Kualitas
Mahasiswa Prodi Informatika selayaknya memiliki kemampuan berpikir kritis ditandai dengan mampu menemukan masalah dan menyelesaikannya dengan pendekatan inovasi IT.