BERITA

Berawal dari GKM, Melaju hingga tingkat Asia


2022-01-06

Gelar Karya Mahasiswa (GKM) kembali digelar. Ajang apresiasi hasil karya mahasiswa ini memiliki kisah sukses, menghantarkan perjalanan produk hingga tingkat asia. Muhamad Riza Abdhi, mahasiswa prodi Informatika pertama kali menampilkan produk bernama Inabest pada GKM tahun 2019. Nama Inabest diilhami  dari gerakan Indonesia Bebas Tuberkulosis. 

Dilansir dari suaramedeka, Aplikasi InaBest memiliki bebrapa fitur utama yaitu Ina-Tips, Ina-History, Ina-Checkup, Ina-Profile dan fitur unggulan yaitu Ina-Reminder. Ina-Tips merupakan fitur berupa tips dan trik yang dapat menunjang dan membantu penyembuhan pasien Tuberculosis. Ina-History berfungsi melihat riwayat minum obat pasien.

Ina-Checkup membantu pasien melihat rekam medis yang telah diberikan dokter, sedangkan Ina-Profile melihat profil pasien. Aplikasi ini dapat menekan jumlah kasus TB agar semakin sedikit sehingga Indonesia benar-benar terbebas dari penyakit tersebut.

Tidak berhenti disini, Riza dkk terus mempertajam dan memvalidasi  gagasannya melalui berbagai jenjang kompetisi. Hingga akhirnya tim Inabest menyabet medali emas dari kategori Health and Personal Care Technology pada Asian Youth Innovation Award di Putra World Trade Center Malaysia.

GKM 2022 kembali hadir, memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa prodi Informatika untuk mengaktualisasikan kreativitasnya dalam bidang Informatika. Pendaftaran GKM dibuka dari tanggal 5 Januari hingga 18 Januari 2022 dibuka dalam 8 kategori, diantaranya de bisnis Startup, Software Development dan AI & Big data Solution. Informasi lebih lengkap, dapat di lihat pada halaman ini.