BERITA

Judul Skripsi ini Ditolak, Lihat Alasannya


2021-12-01

Judul skripsi merupakan representasi dari keseluruhan proses penelitian. Bagian yang harus disadari, standar penelitian jenjang S1 dan D3 itu berbeda, apalagi dengan proyek lulusan SMK. Menurut standar dikt, lulusan sarjana harus memenuhi KKNI level 6 dengan uraian sebagai berikut.

  • Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.

  • Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.

  • Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.

  • Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi

Kedalaman pengetahuan lulusan, dapat diukur dari judul skripsi yang diusulkan. Lihat contoh judul skripsi yang mendapat nilai A pada tautan berikut. Sayangnya, banyak mahasiswa yang tidak menyadari, judul skripsi yang diusulkan justru sepadan dengan jenjang D3 atau bahkan SMK. Berikut ini contoh-contoh judul skripsi yang ditolak karena tidak memenuhi kriteria kedalaman knowledge.