BERITA

100 Judul Skripsi bernilai A


2021-11-25

Membuat skripsi sebenarnya merupakan proses penyusunan puzzle of knowledge dari pengetahuan yang dipelajari selama kuliah. Normalnya, skripsi dikerjakan secara bertahap didampingi oleh dosen pembimbing. Proses penelitian bersifat scientific, ilmiah. Sebisa mungkin tidak ada opini dan kepentingan yang sifatnya subjektif. Semua harus berdasarkan data dan fakta. 

Bila harus menyebut problem-statement, Anda bisa me-mention peneliti sebelumnya. Misal, “Menurut Johni (2020), bermain game secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan jiwa”. Dengan demikian, Anda tidak menanggung beban jika ternyata statement tersebut salah. 

Sebenarnya sebagai mahasiswa S1 Anda tidak perlu terlalu pusing dengan topik penelitian. Anda bisa mendekati dosen yang memiliki topic of interest sama dengan Anda. Misalnya Internet of Things (IoT). Dosen - dosen yang bidang penelitiannya IoT  akan senang bila ada mahasiswa datang dan menanyakan terkait topik tersebut. Tunjukkan bahwa Anda tertarik pada topik tersebut dengan pertanyaan dan pemikiran yang berkualitas. Dari sini kemudian Anda dapat konsultasi terkait judul skripsi yang sebaiknya diusulkan.

Judul skripsi merupakan representasi atas apa yang dikerjakan. Kalimatnya sangat efektif dan relatif singkat, namun mencakup secara keseluruhan. Berikut contoh-contoh judul Skripsi yang terbukti bernilai A.