Berita S1-Informatika

Workshop Pembuatan Kurikulum OBE Universitas Mega Buana Palopo, Penuh Antusias Meski Terpaut Jarak

Workshop Pembuatan Kurikulum OBE Universitas Mega Buana Palopo, Penuh Antusias Meski Terpaut Jarak

Palopo, 22 Agustus 2023 - Universitas Mega Buana Palopo menggelar Workshop Pembuatan Kurikulum Outcome-Based Education (OBE) dengan menghadirkan narasumber Windha Mega Pradnya Dhuhita, M.Kom, yang juga merupakan Ketua Program Studi Informatika dari Universitas Amikom Yogyakarta. Meskipun menghadapi kendala jarak dan perbedaan zona waktu, semangat peserta workshop tetap membara, bahkan semakin antusias.

Kegiatan yang dilangsungkan secara daring selama sehari penuh pada tanggal 22 Agustus 2023 ini terbagi dalam dua sesi. Pada sesi pertama, Windha mengangkat tema tentang urgensi dan kelebihan penggunaan kurikulum berbasis OBE. Dalam era digital saat ini, kurikulum OBE diakui sebagai solusi untuk mengatasi kesenjangan antara kebutuhan tenaga kerja di industri dengan kompetensi lulusan perguruan tinggi.

Pada sesi kedua, Windha memberikan panduan teknis tentang penyusunan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Menurutnya, tantangan terbesar dalam tahap ini adalah bagaimana tim pengembang kurikulum dapat memadukan berbagai kepentingan menjadi kalimat-kalimat yang padat dan efektif. Faktor-faktor seperti visi universitas, ketersediaan sumber daya manusia, dan standar kompetensi yang disetujui oleh asosiasi harus dipertimbangkan dengan cermat.

Windha menegaskan bahwa pengembangan kurikulum bukanlah proyek sebentar, tetapi merupakan proses berkelanjutan yang melibatkan berbagai tahap seperti penetapan kebijakan, implementasi, dan evaluasi. Semua tahap ini menjadi inti dari perangkat organisasi di tingkat program studi. Dalam berbagai kesempatan, Windha membagikan strategi sukses Program Studi Informatika Universitas Amikom Yogyakarta dalam beralih ke kurikulum baru.

Mereka menggunakan platform ORBIT yang dikembangkan oleh tim kurikulum. Platform ini memungkinkan para dosen untuk berkolaborasi dan berkontribusi dalam penyempurnaan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Selain itu, ORBIT mampu memantau tingkat pencapaian hasil belajar mahasiswa terhadap Kompetensi Pemenuhan Mata Kuliah (CPMK). Windha dan tim berkomitmen untuk dapat berbagi pelajaran berharga kepada program studi lain yang membutuhkan. Mekanismenya sangat mudah yaitu mengirimkan permohonan melalui email resmi informatika[at]amikom[dot]ac[dot]id.

Dengan semangat dan antusiasme peserta, Workshop Pembuatan Kurikulum OBE Universitas Mega Buana Palopo sukses terselenggara. Ini menjadi bukti nyata bahwa kendala jarak dan zona waktu tidak mampu meredam semangat untuk mengembangkan pendidikan yang lebih relevan dan responsif terhadap kebutuhan dunia industri.

File Attachments

Galeri Gambar