Berita S1-Informatika

Prodi Informatika Luncurkan Program Digilancer+: Wadah Kolaborasi Talenta Digital Freelance Mahasiswa

Prodi Informatika Luncurkan Program Digilancer+: Wadah Kolaborasi Talenta Digital Freelance Mahasiswa

Yogyakarta, 12 Agustus 2023 - Prodi Informatika Universitas Amikom Yogyakarta telah memperkenalkan program kerja terbaru mereka, Digilancer+. Program inovatif ini bertujuan untuk menjadi wadah bagi para mahasiswa berstatus digital freelance guna saling berbagi inspirasi dan pengetahuan. Peluncuran program ini telah dilakukan oleh Uyock Anggoro Saputro, M.Kom, yang juga menjabat sebagai Ketua Divisi Ecosystem Builder di program studi tersebut. Acara ini berlangsung pada hari Sabtu, 12 Agustus 2023, dan menghadirkan sejumlah tokoh berpengaruh di dunia digital.

 

Salah satu fitur unggulan dari Digilancer+ adalah kesempatan bagi para peserta untuk menjalani pembinaan intensif dari para ahli industri. Selain itu, hal yang menarik adalah para mahasiswa digital freelance yang tergabung dalam program ini berkesempatan untuk lulus tanpa harus menyusun skripsi. Hal ini tentu menjadi berita baik bagi mereka yang ingin mengejar karir di dunia freelance tanpa harus mengorbankan waktu dan energi untuk penulisan skripsi. Berdasarkan OKR (Objectives and Key Results), prodi Informatika menargetkan dapat mengidentifikasi dan membina 200 talenta freelance pada tahun 2023.

 

Kegiatan peluncuran Digilancer+ ini berlangsung atas kerjasama yang erat antara Program Studi Informatika Universitas Amikom Yogyakarta, Komunitas Python Yogyakarta, dan Amikom Business Park. Dalam rangka memberikan wawasan berharga kepada para peserta, Fauzan Erich Emmerling, seorang profesional sukses yang berkarir di perusahaan global noon.com, memberikan tips-tips berharga untuk sukses dalam menggapai perusahaan-perusahaan kelas dunia. Dia menyoroti pentingnya penguasaan dasar pemrograman yang kuat, pemahaman mendalam tentang pola desain (design patterns), dan pemenuhan standar kebutuhan industri sebagai landasan yang solid bagi karir di dunia teknologi.

 

Pada kesempatan berikutnya, Syarif Hidayat, seorang praktisi freelance berpengalaman di platform Upwork, membagikan strategi sukses untuk mendapatkan proyek-proyek menarik dan sukses di pasar digital freelance global. Dengan pengalamannya, ia memberikan panduan praktis tentang cara membangun profil yang menarik, menonjolkan keahlian unik, serta memahami dinamika persaingan di platform freelance. Syarif Hidayat merupakan salah satu 

 

Sekretaris Program Studi Informatika, Arif Akbarul Huda, S.Si., M.Eng, menekankan pentingnya talkshow ini dalam mengikuti perkembangan industri dan menyesuaikan kurikulum. "Talkshow ini sangat insightful dan bernilai tinggi dalam pengembangan kurikulum kami. Melalui partisipasi dalam acara semacam ini, kami dapat memastikan bahwa kurikulum kami tetap responsif terhadap perkembangan terbaru di industri, sehingga lulusan kami siap menghadapi tantangan dunia kerja," katanya.

 

Kehadiran para praktisi sukses di acara ini juga mendapatkan apresiasi yang tinggi. Langkah inovatif yang diambil oleh Prodi Informatika Universitas Amikom Yogyakarta ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi perguruan tinggi lain untuk mengembangkan program serupa. Mungkin saja studi banding akan menjadi opsi bagi perguruan tinggi lain yang ingin mengadopsi pendekatan yang sama untuk memajukan potensi para mahasiswa digital freelance mereka.

 

File Attachments

Galeri Gambar