Berita S1-Informatika

Mengintip Keberhasilan Prodi Informatika dalam Menyusun Kurikulum OBE: Memastikan Transisi yang Mulus dan Kolaboratif

Mengintip Keberhasilan Prodi Informatika dalam Menyusun Kurikulum OBE: Memastikan Transisi yang Mulus dan Kolaboratif

Pada tanggal 10 Agustus 2023, Prodi Informatika Universitas Amikom Yogyakarta telah berbagi pengalaman berharga dalam menyusun Kurikulum Berbasis Hasil (OBE) dalam sebuah acara yang berkesan. Acara ini tak hanya menjadi wadah untuk berbagi pengetahuan, tetapi juga menjadi ajang silaturahmi dengan tamu istimewa, Studi Banding dari STT PATI. Acara tersebut membuktikan komitmen Amikom Yogyakarta dalam menghadirkan kurikulum yang relevan dan responsif terhadap perkembangan industri.

Gambar 1. Kaprodi Informatika menyampaiakan paparan kurikulum OBE

Kepala Program Studi (Kaprodi) Informatika, Windha Mega Pradnya Dhuhita, M.Kom., menjadi salah satu pembicara kunci dalam acara tersebut. Dalam paparannya, beliau menjelaskan strategi penting yang harus dijalankan agar transisi dari kurikulum lama ke kurikulum OBE dapat berjalan dengan mulus. Salah satu poin krusial yang diangkat adalah pentingnya instrumen penilaian dalam setiap pertemuan. Menurut beliau, setiap pertemuan dalam kurikulum OBE harus memiliki target indikator yang jelas dan harus dipenuhi. Tanpa adanya target yang spesifik, pertemuan tersebut seakan kehilangan alasan untuk dilaksanakan.

 

Pertemuan tersebut juga menjadi panggung bagi Arifiyanto Hadinegoro, S.Kom., M.T., Chief Curriculum Informatics Department, untuk memaparkan langkah-langkah praktis dalam menyusun kurikulum OBE melalui platform ORBIT. Dia menekankan pentingnya kerja sama tim kurikulum dan para dosen sebagai fondasi utama dalam menyusun kurikulum yang responsif. ORBIT, sebuah alat terintegrasi dengan Google Sheet, dirancang untuk mempermudah pengelolaan substansi Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Platform ini memungkinkan para dosen koordinator mata kuliah untuk secara kolaboratif mengakses, memperbarui, dan memantau perubahan yang terjadi pada RPS. Diharapkan bahwa ORBIT akan menghasilkan efisiensi dan akurasi lebih tinggi dalam penyusunan dan penyajian RPS kepada mahasiswa.

 

Salah satu momen menarik dalam acara ini adalah ketika salah seorang dosen dari STT PATI bertanya, "Bagaimana cara Prodi Informatika Universitas Amikom Yogyakarta menangani capstone project?" Pertanyaan ini menjelaskan peran penting platform Launchinpad yang dimiliki oleh Prodi Informatika. Arif Akbarul Huda, S.Si., M.Eng., Sekretaris Prodi Informatika, menjelaskan bahwa Launchinpad bukan hanya sebagai tempat untuk menampilkan karya-karya kreatif mahasiswa dalam capstone project, tetapi juga berpotensi menjadi wadah untuk mengembangkan inovasi produk digital yang mampu mengatasi berbagai permasalahan di masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa Prodi Informatika Amikom Yogyakarta bukan hanya fokus pada aspek akademik, tetapi juga mendorong mahasiswa untuk berinovasi dan berkontribusi nyata dalam dunia industri.

Gambar 2. Suasana diskusi yang hangat

Zainal Abidin, M.Kom, kaprodi Informatika dari STT PATI yang mengikuti acara ini mengungkapkan kesan dan pesan positif. Mereka memberi apresiasi tinggi terhadap komitmen dan pendekatan kolaboratif yang diterapkan oleh Prodi Informatika Universitas Amikom Yogyakarta dalam mengembangkan kurikulum OBE dan menangani capstone project. Mereka merasa terinspirasi oleh penggunaan teknologi dalam pengelolaan kurikulum dan proyek mahasiswa, serta melihat potensi besar dalam model kerja sama yang telah diterapkan. Kehadiran acara ini telah memberi wawasan baru dan semangat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di STT PATI.

 

Secara keseluruhan, acara ini tidak hanya mengungkapkan keberhasilan Prodi Informatika Universitas Amikom Yogyakarta dalam menyusun kurikulum OBE dan menangani capstone project, tetapi juga menjadi inspirasi bagi institusi pendidikan lainnya. Dengan pendekatan yang kolaboratif, inovatif, dan responsif terhadap perkembangan industri, Amikom Yogyakarta telah membuktikan bahwa pendidikan tinggi dapat menjadi kekuatan pendorong perubahan positif dalam masyarakat.

File Attachments

Galeri Gambar