Berita S1-Informatika

Mahasiswa Informatika Jadi Freelancer Tanpa Skripsi, Bisa?

Mahasiswa Informatika Jadi Freelancer Tanpa Skripsi, Bisa?

Siapa bilang jadi mahasiswa Informatika harus berkutat dengan skripsi dan tugas kuliah? Zaman sekarang, kamu bisa melek cuan sambil kuliah dengan menjadi freelancer! ??

Nggak percaya? Banyak kok, mahasiswa Informatika yang sukses jadi freelancer di bidang UI/UX design, web development, programming, bahkan digital marketing. Mereka bisa kerja dari mana saja, kapan saja, dan yang paling penting, nggak perlu pusing mikirin skripsi!

Tapi, gimana sih cara memulainya? Tenang, artikel ini akan kasih kamu panduan lengkapnya! ??

1. Temukan Passionmu

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menemukan passionmu di bidang Informatika. Apakah kamu suka desain,coding, atau mungkin analisis data? Dengan fokus pada bidang yang kamu sukai, kamu akan lebih semangat dan produktif dalam bekerja.

2. Bangun Portofolio

Portofolio adalah senjata utama seorang freelancer. Buatlah beberapa proyek contoh untuk menunjukkan kemampuanmu kepada calon klien. Kamu bisa mulai dengan mengerjakan proyek-proyek kecil untuk teman atau keluarga, atau bahkan ikut kompetisi desain atau coding.

3. Cari Platform Freelance

Ada banyak platform freelance yang bisa kamu gunakan untuk mencari klien, seperti Upwork, Fiverr, Sribulancer, atau Projects.co.id. Pilih platform yang sesuai dengan bidang keahlianmu dan buat profil yang menarik untuk menarik perhatian klien.

4. Promosikan Dirimu

Jangan malu untuk mempromosikan dirimu di media sosial atau komunitas online. Bagikan portofoliomu, ceritakan pengalamanmu, dan tawarkan jasa freelancemu. Semakin banyak orang yang tahu tentang kamu, semakin besar peluangmu untuk mendapatkan klien.

5. Bangun Reputasi

Setelah mendapatkan klien pertama, berikan pelayanan terbaikmu untuk membangun reputasi yang baik. Klien yang puas akan memberikan ulasan positif dan merekomendasikanmu kepada orang lain.

6. Jangan Takut Mencoba Hal Baru

Dunia freelance selalu berkembang. Jangan takut untuk mencoba hal baru dan terus belajar untuk meningkatkan kemampuanmu. Dengan terus belajar dan mengembangkan diri, kamu akan semakin sukses sebagai freelancer.

7. Kelola Waktu dengan Bijak

Salah satu tantangan terbesar sebagai mahasiswa freelancer adalah membagi waktu antara kuliah dan kerja. Buatlah jadwal yang teratur dan disiplin untuk memastikan kamu bisa menyelesaikan tugas kuliah dan proyek freelance dengan baik.

Kabar Gembira!

Program Studi Informatika, di bawah kepemimpinan Ibu Windha Mega Pradnya Dhuhita, M.Kom., berkomitmen untuk mewujudkan visi menjadi pusat unggulan ekonomi kreatif dan ICT berbasis entrepreneurship pada tahun 2030. Salah satu langkah nyata adalah mengadakan Meetup Digilancer, sebuah acara yang akan membahas seluk-beluk dunia freelance,mulai dari mencari klien hingga mengatur keuangan.

Kami akan membahas semua yang perlu kamu tahu tentang freelance, mulai dari mencari klien pertama hingga membagi waktu antara kuliah dan kerja. Catat bagian penting ini.

Hari/tanggal : Kamis, 6 Juni 2024

Waktu : 15.00 WIB

Tempat : Kopi Dari Hati Maguwo 

Yang lebih seru lagi, pemateri kita adalah M. Yudha Pratama, seorang alumni Informatika yang sukses menjadi Top Rated Upwork dan UIUX Freelancer.

Bayangkan

  • Kamu bisa belajar langsung dari ahlinya.
  • Kamu bisa dapat free softdrink sambil networking.
  • Kamu bisa dapat ilmu yang nggak diajarin di kelas.

Syaratnya gampang

  • Mahasiswa Informatika minimal semester 4
  • Punya portofolio freelance (pernah freelance)

Kuota terbatas! Hanya untuk 20 orang terpilih.

Daftar sekarang di: s.amikom.ac.id/DigilancerMeetup

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar Meetup Digilancer sekarang dan mulai langkahmu menjadi freelancer sukses! ??

File Attachments

Galeri Gambar