Berita S1-Informatika

Jangan Kaget! Dosen dan Mahasiswa Informatika Borong 14 Hibah Penelitian, Apa Saja Inovasinya?

Jangan Kaget! Dosen dan Mahasiswa Informatika Borong 14 Hibah Penelitian, Apa Saja Inovasinya?

Program Studi (Prodi) Informatika kembali menunjukkan eksistensinya di kancah nasional dengan keberhasilan meraih sejumlah hibah penelitian dan pengabdian masyarakat. Prestasi gemilang ini tidak hanya memperkuat posisi Prodi Informatika sebagai pusat unggulan dalam bidang teknologi informasi, tetapi juga memberikan dampak signifikan bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat luas.

Hibah Penelitian Melibatkan Teknologi Mutakhir

Sebanyak 10 dosen Prodi Informatika berhasil memperoleh hibah penelitian dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud). Penelitian-penelitian tersebut mencakup berbagai bidang yang relevan dengan perkembangan teknologi terkini, antara lain:

  • Prediksi Stroke Menggunakan Metode Synthetic Minority Over-Sampling Technique dan Extreme Gradient Boosting: Penelitian ini berpotensi memberikan kontribusi besar dalam bidang kesehatan dengan mengembangkan model prediksi stroke yang akurat.
  • Perbandingan efektivitas storage cloud dan on-premise (Studi kasus rumah produksi film): Penelitian ini akan memberikan pemahaman mendalam tentang pilihan penyimpanan data yang optimal bagi industri perfilman.
  • Multi-Agent Platform as a Service Musik Generatif Adaptif untuk Revolusi Produksi Game: Penelitian ini dapat mendorong inovasi dalam industri game dengan menghadirkan teknologi musik generatif yang adaptif.
  • Desain dan Analisis Antena Mikrostrip Rectangular pada Frekuensi Ku-Band: Penelitian ini akan menghasilkan desain antena yang lebih efisien dan dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang telekomunikasi.
  • Simulasi dan modelling sudut kontak hysteresis droplet receding dan advancing sebagai fundamental aplikasi blue energy dan smart material: Penelitian ini memiliki potensi besar dalam pengembangan energi terbarukan dan material cerdas.
  • Metode Perlindungan Hak Cipta pada Citra Menggunakan Discrete Cosine Transform: Penelitian ini dapat memberikan solusi efektif dalam melindungi hak cipta karya digital.
  • Analisis Sentimen Terhadap Performa KPU Pasca Pilpres 2024: Memetakan Opini Publik Melalui Komentar YouTube Menggunakan Algoritma BERT: Penelitian ini akan memberikan wawasan berharga tentang opini publik terkait kinerja KPU pasca Pilpres 2024.
  • Analisis Perbandingan Laten Semantic Indexing (LSI) dan Latent Dirichlet Allocation (LDA) untuk Topic Modelling Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD): Penelitian ini dapat meningkatkan akurasi dan efisiensi dalam pengelolaan identitas kependudukan digital.
  • Segmentasi Obyek pada Video berbasis deep learning pada Device Edge: Penelitian ini akan mengembangkan teknologi segmentasi objek yang dapat diaplikasikan pada perangkat dengan sumber daya terbatas.
  • Seleksi Fitur Kualitas Air Dalam Pengenalan Pola Status Baku Mutu Air Sungai: Penelitian ini dapat membantu dalam pemantauan kualitas air sungai secara lebih efektif.

Penelitian-penelitian ini tidak hanya melibatkan para dosen, tetapi juga puluhan mahasiswa yang turut berkontribusi dalam proses penelitian. Partisipasi mahasiswa ini memberikan kesempatan berharga bagi mereka untuk mengembangkan kemampuan riset dan inovasi, serta dapat digunakan sebagai konversi SKS atau jalur non-skripsi untuk kelulusan.

Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi Informasi

Selain penelitian, Prodi Informatika juga berhasil mendapatkan pendanaan untuk empat program pengabdian masyarakat. Program-program ini bertujuan untuk memberikan solusi berbasis teknologi informasi bagi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, antara lain:

  • Penerapan ICT menuju Sekolah Ramah Anak pada SDN Sumber 2 Berbah Sleman: Program ini akan membantu menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi anak-anak melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
  • Pemanfaatan TIK pada Usaha Bumbu Masakan "Nurisfood" Trihanggo Sleman: Program ini akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas usaha bumbu masakan melalui pemanfaatan TIK.
  • Peningkatan Wawasan Cyber Security Awareness dan Pemanfaatan Media Marketing Pada Tren Digital Ekonomi: Program ini akan memberikan edukasi tentang keamanan siber dan strategi pemasaran digital kepada masyarakat.
  • PDB Teknologi Pengelolaan Sampah Terpadu Menjadi Bahan Bakar Minyak Di Desa Triharjo Sleman Yogyakarta: Program ini akan mengembangkan teknologi pengelolaan sampah yang dapat menghasilkan bahan bakar minyak, sehingga memberikan manfaat ekonomi dan lingkungan bagi masyarakat.

Program-program pengabdian masyarakat ini juga melibatkan partisipasi aktif dari mahasiswa, sehingga memberikan pengalaman berharga bagi mereka dalam mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah untuk memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.

Prodi Informatika: Pusat Unggulan Teknologi Informasi

Keberhasilan Prodi Informatika dalam meraih hibah penelitian dan pengabdian masyarakat ini merupakan bukti nyata dari komitmen dan dedikasi para dosen dan mahasiswa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Prestasi ini juga semakin memperkuat posisi Prodi Informatika sebagai pusat unggulan dalam bidang teknologi informasi yang menghasilkan lulusan-lulusan berkualitas dan siap bersaing di dunia kerja.

File Attachments

Galeri Gambar