Berita S1-Informatika

5 Karya Terbaik dari Launchinpad yang Menginspirasi

5 Karya Terbaik dari Launchinpad yang Menginspirasi

Yogyakarta - Senin (27/05) telah dilaksanakan kegiatan Ignition Informatics 2024 oleh Program Studi Informatika dan Himpunan Mahasiswa Informatika Unibersitas AMIKOM Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan guna melihat kemampuan mahasiswa informatika melalui karya yang telah dihasilkan.

Tema dari kegiatan Ignition Informatics 2024 adalah "Contributing Through Student Work for Creative Technology". Dengan 5 kategori yang disediakan yaitu Internet of Things, ide bisnis Start Up, Software Development, Artificial Intelligent, dan Creative Art dapat menggait sebanyak 25 produk yang mendaftar pada Ignition Informatics 2024.

Sebanyak kurang lebih 66 mahasiswa turut meramaikan kegiatan Ignition Informatics 2024 di Basement V  Universitas AMIKOM Yogyakarta dengan mendatangi stand-stand yang sudah disediakan, dan melihat keseruan kompetisi Fast typing. Suasana acara Ignition Informatics 2024 cukup menegangkan. Peserta mempresentasikan karya dan memberikan demo singkatnya, sementara juri menilai sesuai dengan ketentuan yang sudah dibuat. Disamping itu acara Ignition Informatics 2024 juga cukup menyenangkan, dikarenakan ada kompetisi Fast typing untuk mahasiswa imformatika, banyak mahasiswa yang sangat antusias mengikuti kompetisi tersebut.

Pada kategori Internet of Things, terdapat karya dengan nama SIFIS (Smart Monitoring Infus System) yang berhasil menjadi karya terbaik pada kategori ini. SIFIS atau Sistem montoring yang akan dibuat berkerja dengan meletakan alat pada tiang infus yang telah terpasang kantong cairan infus. Sensor akan membaca terkait TPM (tetes permenit) dan berat kantong cairan infus sebagi indikator kapasitas infus. Setiap alat yang sudah terpasang pada tiang infus dan kantong cairan infus akan terhubung melalui jaringan wifi lokal untuk mengirim data TPM dan kapasitas cairan infus beserta status dari kondisi kantong cairan infus ke website yang telah dikonfigurasi penyimpanannya melalui database. Selanjutnya data yang sudah disimpan lalu dapat ditampilkan pada website dan dapat di buka melalui PC client.

Pada kategori ide bisnis Start Up, terdapat karya yang berjudul KoriDoor yang berhasil menjadi ide Start Up terbaik pada Ignition Informatics 2024. KoriDoor adalah sebuah web yang membantu pengguna untuk melacak asupan kalori harian, mengelola pola makan, dan mencapai tujuan kesehatan. Web ini menawarkan pemantauan kalori yang akurat, rekomendasi makanan, dan blog yang berisi artikel, opini, ulasan produk, dan cerita pengalaman mengenai kesehatan.

Pada kategori Software Development terdapat karya dengan judul Pos Anak yang berhasil menjadi karya terbaik pada kategori ini. Pos anak adalah layanan untuk memberdayakan layanan kesehatan anak dengan platform Pos Kesehatan Anak (Posyandu) kami. Menyederhanakan pelacakan pertumbuhan dan pencatatan kesehatan untuk anak-anak. Memasukkan dan mengelola data perkembangan dengan lancar, secara proaktif mendorong kesejahteraan anak. Bergabunglah bersama kami dalam mempromosikan masa depan yang lebih sehat bagi anak-anak. Posanak, mendorong pertumbuhan, satu per satu

Pada kategkri Artificial Intelligence terdapat karya dengan judul SentimenTube yang berhasil menjadi karya terbaik AI pada Ignition Informatics 2024. SentimenTube ini adalah merupakan analisis sentimen yang dirancang untuk memahami dan mengolah opini pengguna terhadap "produk" sebuah usaha melalui komentar dan testimoni produk tersebut,dengan memanfaatkan algoritma BERT, Sistem ini memanfaatkan Text mining untuk mengumpulkan mengumpulkan dan memproses data komentar dan testimoni .SentimenTube memungkinkan Pengolah bisnis dapat mengambil keputusann bisnis berdasarkan data real dari konsumen, dengan otomatis melalui identifikasi, kategorisasi opini konsumen dengan cepat dan efisien sehingga dapat menunjang Kepuasan "kustomer".

Serta terdapat karya yang berjudul Sariart yang berhasil menjadi karya terbaik pada kategori Creative Art. Menceritakan sebuah karya illustrasi yang terinspirasi dari budaya bali, dengan memadukan character monster. Perpaduan ini diharapkan bisa memberikan kesan modern tetapi tidak meninggalkan kebudayaan asli indonesia.

File Attachments

Galeri Gambar