Berita S1-Informatika

3 Pengalaman Berharga dalam Transformasi Kurikulum OBE

3 Pengalaman Berharga dalam Transformasi Kurikulum OBE

Yogyakarta, 21 November 2023 - Windha, Kaprodi Informatika Universitas Amikom Yogyakarta, berbagi pengalaman berharga mengenai proses transformasi kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE). Dalam forum diskusi yang diadakan pada hari Senin, 20 November 2023, Windha memberikan arahan dan wawasan kepada pengelola prodi Teknik Informatika Universitas Perjuangan Tasikmalaya yang tengah melakukan studi banding.

 

Proses transformasi kurikulum OBE, menurut Windha, menghadirkan sejumlah tantangan yang perlu diatasi dengan cermat. Pertama, universitas harus mampu mengakomodir kurikulum versi lama agar perubahan tidak terlalu drastis dan menghormati pencapaian sebelumnya. Kedua, Windha menekankan pentingnya rutin menyamakan perspektif antar dosen agar implementasi OBE berjalan efektif dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

 

Salah satu langkah konkret yang diambil oleh Universitas Amikom Yogyakarta adalah memanfaatkan Google Sheet sebagai alat untuk mensinkronkan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) dan distribusi penilaian. Hal ini dianggap sebagai solusi efektif untuk memastikan keterukuran dan kejelasan dalam proses penilaian sesuai dengan prinsip OBE.

 

Proses transformasi yang dilakukan oleh Universitas Amikom Yogyakarta dilakukan secara bertahap namun konsisten. Windha menegaskan bahwa sebagai Kaprodi Informatika, keterlibatan aktif dalam memberikan arahan dan fasilitas pendukung OBE menjadi kunci utama kesuksesan implementasi kurikulum baru. "Tak kalah pentingnya, performa tim kurikulum juga harus diperhatikan demi kesinambungan perubahan kurikulum," tambahnya.

 

Studi banding antara Universitas Amikom Yogyakarta dan Universitas Perjuangan Tasikmalaya berlangsung dengan penuh antusiasme. Para pengelola prodi Teknik Informatika dari Universitas Perjuangan Tasikmalaya mendapatkan wawasan yang berharga dan solusi praktis untuk menghadapi perubahan kurikulum menuju OBE.

 

Dengan berbagi pengalaman ini, diharapkan universitas lainnya dapat mengambil manfaat dan inspirasi dalam menghadapi tantangan transformasi kurikulum OBE, memastikan pendidikan yang lebih relevan dan sesuai dengan kebutuhan zaman.

File Attachments

Galeri Gambar