Program Studi Informatika menyelenggarakan Program Pelatihan Gratis Informatika bagi siswa dan guru SMA/SMK/MA sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dan kontribusi dalam peningkatan literasi digital di kalangan pelajar dan pendidik.
Sekolah-sekolah dapat mengajukan permintaan materi pelatihan sesuai dengan kebutuhan masing-masing, seperti dasar-dasar pemrograman, pengenalan kecerdasan buatan, desain web, pengolahan data, atau topik informatika lainnya.
Tim dari Prodi Informatika akan menugaskan dosen-dosen berpengalaman untuk memberikan pelatihan langsung ke sekolah-sekolah yang mendaftar. Dengan pendekatan yang interaktif dan aplikatif, program ini bertujuan untuk memperluas wawasan dan keterampilan teknologi informasi bagi generasi muda dan para guru.
Daftar Materi Pelatihan Informatika
1. Pemrograman Dasar
- Pengenalan algoritma dan logika pemrograman
- Bahasa pemrograman Python, C++, atau JavaScript
2. Pengembangan Web Dasar
- HTML, CSS, dan JavaScript dasar
- Membuat website sederhana
- Web dinamis dengan framework (seperti React atau Laravel – opsional)
3. Desain UI/UX
- Prinsip dasar desain antarmuka
- Tools desain (Figma, Canva)
- Prototyping aplikasi
4. Data dan Analitik
- Pengenalan basis data (MySQL, SQLite)
- Pengolahan data dengan Excel atau Google Sheets
- Visualisasi data dengan Google Data Studio / Python (Dasar)
5. Kecerdasan Buatan & Machine Learning (Dasar)
- Konsep AI dan penerapannya di dunia nyata
- Pengenalan Machine Learning dengan tools sederhana (Teachable Machine, Scratch AI, dll)
6. Internet of Things (IoT)
- Konsep dasar IoT
- Pengenalan Arduino atau ESP32
- Proyek mini seperti alat pemantau (suhu, tanah, dll) atau smart home
7. Keamanan Siber (Cybersecurity) Dasar
- Cara menjaga keamanan data pribadi
- Mengenal serangan siber umum (phishing, malware)
- Praktik aman berinternet
8. Mobile App Development (Dasar)
- Membuat aplikasi Android sederhana menggunakan MIT App Inventor atau Flutter (level lanjut)
9. Animasi & Multimedia
- Membuat animasi 2D sederhana (dengan Scratch, Pivot Animator, atau Canva)
- Editing video dasar
10. Etika Digital & Literasi Teknologi
- Etika berteknologi dan penggunaan media sosial
- Hoaks, privasi, dan jejak digital