Jalur Lulus

  1. Jumlah SKS kumulatif lebih dari 134.
  2. Tidak memiliki nilai E pada mata kuliah apapun.
  3. Tidak memiliki nilai C pada Mata Kuliah Wajib Negara.
    (Kewarganegaraan, Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, dan Agama)
  4. Tidak memiliki nilai D yang lebih dari 25% total 144 SKS.
DokumenTautanKeterangan
Panduan proses bimbingan [Update V.2 12 Juni 2025]Lihat PanduanPanduan Bimbingan untuk mahasiswa dan dosen di lingkungan Prodi Informatika (Terdapat update per 12 Juni 2025)
Panduan proses bimbinganLihat PanduanPanduan untuk mahasiswa dan dosen di lingkungan Prodi Informatika
Panduan penulisan laporan skripsi maupun non regulerLihat PanduanPanduan dari Fakultas
Panduan sederhana alur kelulusanLihat PanduanDokumen ini merupakan panduan sederhana tentang alur kelulusan

Pilih jalur kelulusan yang sesuai dengan passion dan keahlianmu di Program Studi Informatika

Skripsi adalah karya ilmiah yang harus dibuat (disusun) oleh mahasiswa program Strata 1 (S1) untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan atau teknologi dibidang keahliannya berdasarkan kaidah keilmuan, atau menghasilkan karya desain/seni beserta deskripsinya berdasarkan kaidah/ metode rancangan baru, yang bertujuan sebagai syarat akhir kelulusan pendidikan akademiknya di Perguruan Tinggi

Jalur Non Reguler merupakan salah satu jalur yang dapat digunakan untuk syarat kelulusan mahasiswa selain skripsi. Terdapat 4 jalur non skripsi yaitu Scientist, Profesional, Entrepreneur, Artist, dan Lomba. mahasiswa dapat mengambil jalur Scientist

Untuk mengambil skema non reguler, mahasiswa tetap mengambil KRS Skripsi

Jenis jenis Non-Regular

Scientist

Melakukan penelitian bersama dosen dengan mahasiswa sebagai penulis pertama, dipublikasikan di Jurnal Internasional terindeks Scopus dan/atau Web of Science (Q1–Q4), Prosiding Internasional terindeks Scopus dan/atau Web of Science, atau Jurnal Nasional terakreditasi SINTA 1–SINTA 3.

Lomba

Mengikuti lomba ICT bersama tim (serumpun atau lintas prodi). Menghasilkan prototipe atau Minimum Viable Product (MVP) dan memenangkan lomba.

Entrepreneur

Memiliki bisnis digital yaitu usaha yang menciptakan teknologi sebagai solusi atau sarana utama dalam operasional bisnis, mulai dari produksi, distribusi, hingga interaksi dengan pelanggan.

Magang IT

Magang di perusahaan ICT selama minimal 3 bulan, Menghasilkan produk atau aplikasi ICT. Sertakan bukti hasil magang.

Profesional IT

Bekerja selama minimal 3 bulan (kontrak) di perusahaan ICT. Menghasilkan produk ICT dan menyertakan evaluasi dari supervisor. Pendapatan minimal setara UMR Sleman. Sertakan bukti hasil kerja dan foto kegiatan.

Online IT Freelance

Bekerja sebagai freelancer pada akun pribadi di platform penyedia jasa freelance (seperti Upwork, Sribulancer, dan sejenisnya) yang telah berumur minimal 4 bulan. Bekerja pada minimal 3 proyek regional, nasional, atau internasional dengan rating minimal 4.5/5 atau 8.5/10. Memiliki penghasilan dari akun tersebut dengan pendapatan minimal setara UMR Sleman.

Offline IT Freelance

Bekerja sebagai freelancer untuk perusahaan ICT dengan sejumlah proyek yang dibuktikan melalui MOU atau surat kerja sama resmi. Menghasilkan produk ICT dari perusahaan resmi (bukan perorangan). Pendapatan minimal setara UMR Sleman.

Profesional Digital Artist

Bekerja sebagai artist di perusahaan digital visual/studio resmi selama minimal 4 bulan dengan surat pengangkatan. Menghasilkan karya dan menyertakan evaluasi dari supervisor, serta pendapatan minimal UMR Sleman. Sertakan bukti hasil kerja, foto kegiatan, SK pengangkatan, dan bukti gaji/penerimaan.

Magang Digital Artist

Magang minimal 3 bulan di perusahaan digital visual/studio resmi dengan surat penerimaan magang. Menghasilkan karya, mendapat evaluasi kinerja dari supervisor, serta melampirkan bukti hasil pekerjaan dan foto kegiatan.

Online Digital Artist

Bekerja sebagai freelancer di platform seni digital dengan akun terverifikasi berusia minimal 4 bulan. Memiliki 3 klien nasional atau 1 klien internasional, rating minimal 4.5/5 (atau 8.5/10), dan penghasilan dari akun tersebut.

Offline Digital Artist

Bekerja sebagai freelancer di bidang seni digital dengan sejumlah proyek dari perusahaan resmi, dibuktikan dengan MOU atau surat kerja sama serta penyerahan hasil pekerjaan. Jumlah proyek yang direkomendasikan yaitu 4 proyek skala regional, atau 2 proyek skala nasional, atau proyek skala internasional. Memiliki penghasilan dari pekerjaan tersebut.

Content Creator

Memiliki akun aktif terverifikasi atas nama sendiri, menghasilkan konten digital dengan teknik digital visual lanjutan, pendapatan dikonsultasikan ke prodi, dan konten bebas unsur SARA, pornografi, provokasi, serta konten ilegal.

Semua alternatif, dikonversi dalam matakuliah ST053 Skripsi sebesar 6 Sks. Mahasiswa berhak memilih salah satu jalur sesuai kemampuan atau passion. Apapun pilihan yang diambil, pada prinsipnya harus memenuhi capaian berikut.

  • Mahasiswa mampu menerapkan ilmu pengetahuan bidang informatika untuk
    menyelesaikan masalah pada industri (CPMK09);
  • Mahasiswa mampu mendokumentasikan pemikiran dengan baik (CPMK12);
  • Mahasiswa mampu menerapkan ilmu pengetahuan bidang informatika untuk
    menyelesaikan masalah pada industri (CPMK09);
  • Mahasiswa mampu mendokumentasikan pemikiran dengan baik (CPMK12);

Standar Kualitas

Mahasiswa Prodi Informatika selayaknya memiliki kemampuan berpikir kritis ditandai dengan mampu menemukan masalah dan menyelesaikannya dengan pendekatan inovasi IT.

Translate